Jil di mana menjadi saksi 13 bulan di kurungnya bapak penyelundup

JIL : Jil inilah tempt di kurungnya bapak Dr AK Gani di ceritakan keturunan ke 3 Nya Di Desa Muara Sahung

 

Cerita ini merupakan sejarah yang luput dari pandangan kaum intelektual khusus
pemuda sumatra, yang masih sangat butuh dukungan bukti kuat lainnya tapi di yakini ini benar adanya tentang tokoh dan pengorbanannya.
JIL : Jil inilah tempat di kurungnya bapak Dr AK Gani di ceritakan keturunan ke 3 Nya Di Desa Muara Sahung
Dr AK Gani merupakan sosok kebanggaan masyarakat muara sahung kabupaten kaur terkhusus masyarakat desa ulak bandung, beliau merupakan tokoh yang penah menjabat sebagai Gubernur Militer sumatra selatan di lantik di palembang 1949/1954 , beliau lah orang yang pertama kali merintis jalan untuk mengangkut hasil panan masyarakat dari muara sahung ke sumatra selatan/palembang,pernah tinggal di daerah yang kaya akan sumber daya alam daerah dataran tinggi dan berbukit serta kaya akan budaya membuat masa kepemimpinan beliau kian berkesan. Di buktikan dengan adanya jil/penjara yang dulu menurut cerita pernah di jadikan untuk tempat di kurungnya gani sang penyelundup
terbesar se asia tenggara, beliau pernah menyelundupkan bahan makanan dari
singapura ke indonesia bahkan menurut cerita gani lah sang penyelundup senjata
untuk tentara indonesia di masa penjajahan belanda.
Dr AK Gani semasa menjabat sebagai gubernur pertama sumatra selatan
beliau pernah berkediaman di muara sahung sehingga banyak peninggalan dari pahlawan indonesia yang di anggkat di masa bapak SBY yang tidak di ketahui mahasiswa bahkan tidak terkespos di daerah nya sendiri bahkan namanya pun tidak terlalu di kenal di kalangan mahsiswa di era moderen ini terkhusus di bengkulu.

 

Rumah di mana pernah di jadikan sebagai tempat rapat pemerintahan sumatra selatan 1949-1954

 

Rumah di mana pernah di jadikan sebagai tempat rapat pemerintahan sumatra selatan 1949-1954 Rumah ini menjadi saksi bagaiman ketegasan seorang pemimpin yang merintis jalan muara sahung sehingga bisa tembus sampai ke sumatra selatan di masa kepeminpinan pak gani. Rumah ini sudah mengalami renovasi sebanyak 3 kali tetapi tidak pernah merubah dari wujud asli nya bahkan pondasi nya pun masih mengguakn pondasi di zaman nya dulu tetapi itu semua di lakukan masyarakat setempat dan tidak pernah di perhatikan pemerintah.

Banyak hal yang menjadi cerita yang pantas di kenang masyarakat muara sahung tentang sosok pak gani yang sudah menjadi cerita turun temurun di mana beliau pernah di penjara di sini bahkan pernah di kejar oleh tentara belanda. Beliau yang pernah menjadi mentri di berbagai kabinet dan pernah menjadi artis bintang filem bakan pernah mewakili indonesia untuk melakukan perundingan tentu menjadi sosok yang sangat mudah di kenali di masyarakat tatapi beliau sangat sederhana dan berbaur dengan masyarakat begitu cerita tetua masyarakat setempat.

 

Jil di mana menjadi saksi 13 bulan di kurungnya bapak penyelundup

Jil/penjara inilah yang mejadi saksi pengurungan bapak ak agani selama 13 bulan dari tahun berdiri jil ini sudah banyak di lakuan renovasi tetapi bentuk dan jendelanya masih  sama dengan yang asli, terkhusus atap sudah sangat sering di rubah tetapi aroma sejarah

masih sangat kental berada di jil ini.

 

Semoga Dr AK Gani bisa menjadi tauladan yang membangkitkan semangat mahsiswa bengkulu karena beliau juga mahasiswa yang aktif di berbagai organisasi di  masanya sehingga beliau tahu akan dunia pergerakan.

Penulis

[Aldho diozz] 

Nama : aldho fetriyansyah

Alamat. : Kampus Bali

Asal : kabupaten kaur

Fakultas :Teknik

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *